Never Stop Learn

Tetaplah menjadi penimba ilmu dan menyebar kebaikan

Proactive-Calm-Responsible-Confidence-Creative.

Never Stop Learn

Tetap Semangat Jangan Pernah Menyerah

Amazing

Good Learner

MILITERDEFENCE.COM

Do the Best Let God do the rest

Jumat, 04 Oktober 2024

5 Tips Menabung Otot Untuk Hari Tua Yang Lebih Sehat

Otot sangat penting bagi manusia. Letkanya berada didalam tubuh manusia dari ujung kaki hingga ujung kepala. Bagi kita otot dapat menunjang pergerakan tubuh. Otot yang menempel pada tulang membantu tubuh kita untuk berjalan, berlari dan beraktivitas sehari-hari. Manfaat lainnya yaitu, menunjang sirkulasi darah serta membantu proses pencernaan. Agar otot kita tetap terjaga hingga akhir tua maka otot kita perlu dilatih dengan cara berolahraga secara rutin, olahraga adalah investasi untuk kesehatan kita hal ini dapat kita kenal dengan istilah menabung otot. Mungkin teman-teman sering melihat simbah yang berusia diatas 90 tahun yang ada di kampung-kampung masih segar bugar atau orang-orang Jepang yang memiliki gaya hidup sehat mengatur pola makan dan olahraga rutin. Nah olahraga inilah yang kita sebut sebagai menabung otot, atau kita bisa sebut juga investasi otot jangka panjang caranya mudah, berikut beberapa langkahnya:

1.    Jalan kaki 30 menit antara jam 05.00 s.d. 07.00. Pada jam ini udara masih segar dan tubuhmu dalam kondisi yang fit setelah beristirahat, gunakan kesempatan ini untuk berolahraga jalan kaki 30 menit saja untuk menjaga kebugaran tubuh. Awalnya pasti malas, namun kalau sudah terbiasa dilakukan akan enak dan ketagihan seperti ada yang kurang kalau belum jalan sehat.

2.    Senam aerobik di tempat yang simpel dan mudah. Tidak perlu gerakan yang sulit dan loncat-loncat cukup ikuti senam aerobik yang mudah seperti di chanel youtube bodyfit by bagus, pelan-pelan aja kalau sudah bisa rutin setiap hari baru ditambah power agar tidak cidera.

3.    Light Cardio. Angkat bebas ini sangatlah penting bagi tubuh kita, melatih otot tangan dan tubuh agar  menjadi kuat. Tidak perlu ke gym, kamu hanya perlu push up atau shit up kemudian gunakan beban yang ada seperti kaleng bekas cat dan lain-lain.

4.    Bersepeda rutin 30 menit setiap hari. Kamu bisa melakukannya di pagi hari atau sore hari, otot kaki akan terasa enak dan ringan kalau sudah terbiasa. Bagi yang masih memulai jangan menyerah usahakan latihan rutin 30 menit setiap hari.

5.    Easy Run 30 menit. Untuk melakukannya awali dengan pemanasan atau peregangan tubuh agar tidak cidera. Easy run ini dikerjakan dengan santui dan hepi tanpa beban harus meningkatkan pace atau kecepatan. Cukup rutin untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Share: