Never Stop Learn

Sabtu, 28 September 2024

Menjelajahi Keindahan Bukit Mongkrang


View Gunung Lawu dari Puncak Bukit Mongkrang. Sumber: https://shorturl.at/ndc6C

Mendaki merupakan salah satu kegiatan outdoor (luar ruangan) yang  memiliki banyak manfaat bagi kebugaran tubuh sob. Selain membuat tubuh lebih bugar, mendaki juga dapat meningkatkan suasana hati serta meningkatkan rasa syukur kita atas ciptaan Tuhan yang begitu luar biasa. Jika sobat ingin mencoba pengalaman mendaki, salah satu rekomendasi kawasan pendakian yang cocok untuk pemula yaitu Bukit Mongkrang. Bukit ini berlokasi di Tlogodringo, Desa Gondosuli, Kecamatan Twangmangu, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi bukit yang terletak di sebelah Selatan Gunung Lawu ini menjadikannya sebagai salah satu bukit dengan view yang menampilkan keelokan Gunung Lawu.

Bukit Mongkrang memiliki ketinggian 2194 Mdpl, sehingga cocok untuk dijadikan pilihan bagi pendaki pemula. Waktu yang diperlukan untuk mencapai puncak bukit pun cukup singkat yaitu 1-3 jam. Berdasarkan pengalaman penulis dan kawan-kawan, waktu yang ditempuh untuk sampai dipuncak yaitu 2,5 jam, sebab pendakian dilakukan dengan santai sembari menikmati pemandangan.

Jalan Setapak Menuju Puncak Bukit Mongkrang. Sumber: Dokumen Pribadi

Untuk mencapai puncak Bukit Mongkrang, pendaki harus melewati Bukit Candi 1. Jalur pendakian dikawasan ini memiliki track yang cukup unik, hal ini dikarenakan untuk mencapai puncaknya kita harus menuruni lembah yang memisahkan antara Puncak Bukit Mongkrang dengan Bukit Candi 1. Dalam perjalanan, pendaki akan melalui jalan datar yang dijuluki sedelan, karena bentuknya mirip pelana atau dalam bahasa Jawa disebut sedel kuda. Selanjutnya, pendaki akan menapaki jalanan menanjak yang menandakan bahwa pendakian mulai memasuki Bukit Mongkrang. Nantinya, sepanjang jalur pendakian akan diwarnai dengan padang rumput ilalang di sebelah kanan kiri jalur. Menjelang puncak Bukit Mongkrang, pendaki perlu berhati-hati karena jalan setapak yang akan dilalui semakin sempit. Setelah melewati jalan setapak, pendaki akan sampai di puncak Bukit Mongkrang dengan ketinggian 2.194 meter diatas permukaan laut (mdpl).

Puncak Bukit Mongkrang Pada Saat Hujan. Sumber: Dokumen Pribadi

Jika melakukan pendakian ke Bukit Mongkrang, alangkah baiknya dilakukan pada saat cuaca cerah atau bukan saat musim penghujan. Berdasarkan pengalaman penulis dan teman-teman, mendaki di saat musim penghujan kurang direkomendasikan. Hal ini dikarenakan track akan berlumpur dan licin sehingga perlu kehati-hatian dan tenaga ekstra agar tubuh tetap seimbang dan tidak terpeleset. Selain itu, pandangan juga tertutup kabut sehingga view disekeliling tidak terlihat. 

Puncak Bukit Mongkrang Pada Saat Cuaca Cerah. Sumber: https://shorturl.at/ndc6C 

Apabila cuaca cerah, pendaki bisa melihat keelokan Gunung Lawu dari Puncak Bukit Mongkrang. Bagi sobat yang ingin menikmati view Gunung Lawu namun tidak ingin berlelah-lelah menuju ke Puncak Mongkrang, sobat cukup mendaki puncak pertama yaitu Bukit Candi I dan Bukit Candi II. Dikedua bukit tersebut terdapat kawasan datar yang biasanya dimanfaatkan pendaki untuk mendirikan tenda.

Agar pendakian lebih efisien, sobat cukup membawa daypack dan air minum secukupnya karena Bukit Mongkrang tidak terlalu tinggi. Selain itu, di Bukit Mogkrang juga sudah terdapat beberapa warung. Pastikan untuk membawa kembali sampah ya sob agar kebersihan dan keindahannya tetap lestari.

Nah itu dia sob, sedikit informasi seputar Bukit Mongkrang yang barangkali bisa menjadi pilihan kamu untuk beraktifitas outdor sembali menikmati keelokan alam.


Referensi:

Prasetya, A. W. (2022, Juli 15). Rute ke Basecamp Pendakian Bukit Mongkrang Tawangmangu. Retrieved from Kompas.com: https://travel.kompas.com/read/2022/07/15/190700127/rute-ke-basecamp-pendakian-bukit-mongkrang-tawangmangu 


Share:

0 comments:

Posting Komentar

Arsip Blog