Never Stop Learn

Selasa, 23 Juli 2024

5 Fakta Unik Kapal Penjajah Marine Expeditionary Brigade tenggelam di Bengawan Solo Dihajar Pejuang Indonesia

Bukti kegigihan para pejuang Kemerdekaan RI kembali terkuak. Salah satu kapal milik Marinir U.S.A  berhasil ditemukan warga pada Hari Rabu, 6 November 2019 di aliran Sungai bengawan Solo tepatnya Desa Mertani, Kecamatan Karanggeneng, Lamongan, Jawa Timur. Semula kapal ini diduga milik kapal VOC yang tenggelam.

 

topwar.ru

Dari hasil observasi kapal ini diduga kuat digunakan untuk ponton brigade yang biasa digunakan untuk menyeberangi sungai atau danau. Berikut beberapa fakta uniknya:

1.    Dimensi kapal.

Dilangsir dari cagarbudayajatim.com, kapal ini memiliki panjang 7.6 meter dan lebar 1.5 meter dengan berat kurang lebih 2.000 kg.

(doc. wicaksono dwi nugroho)
 

2.    Ditemukan oleh penambang pasir.

Benda bersejarah tersebut ditemukan oleh penambang pasir yang beroperasi di tepi Sungai Bengawan Solo. Kapal ini berjumlah 3 buah yang terpendam didalam lumpur sungai.

(Fungsi kapal ponton. Sumber militaary wiki)
 

3.    Diangkat BPCB Jatim bersama warga.

Untuk perlindungan dan pengangkatan dilaksanakan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jawa Timur bersama warga setempat.

 

alamyfoto.com

4.    Ditemukan lubang.

Apabila dilihat dari kasat mata, maka lubang ini merupakan bekas lubang peluru dan ledakan. Ada kemungkinan kapal yang digunakan sebagai sarana penyeberangan ini, diserang oleh para pejuang Kemerdekaan RI dari tepi sungai. Mengingat pada masa Perang Dunia ke-2 Belanda merupakan bagian dari negara Sekutu. 


5.    Kapal merupakan milik Marine Expeditionary Brigade (MEB) 5.

Belum jelas diketahui apakah ini milik Marinir Kerjaan Belanda atau milik Kerajaan Inggris atau U.S.M.C mengingat saat perang mempertahankan kemerdekaan paska Proklamasi 17 Agustus 1945, Belanda merupakan bagian dari Sekutu dan membonceng NICA untuk kembali merebut kemerdekaan Indonesia khususnya diwilayah Surabaya. Peristiwa 10 November 1945 mungkin juga menjadi salah satu penyebab tenggelamnya kapal ini.


 

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Arsip Blog